RSUD Depati Hamzah Pertama di Bangka Belitung Gunakan Oksigen Likuid, Juga Tambah PICU NICU

By Admin RSUD 05 Feb 2020, 09:34:28 WIB breaking News
RSUD Depati Hamzah Pertama di Bangka Belitung Gunakan Oksigen Likuid, Juga Tambah PICU NICU

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang kini memiliki gas medis liquid atau oksigen yang bisa terhubung dengan seluruh ruangan pasien di rumah sakit.

Peresmian oksigen liquid ini dilakukan dengan pemotongan pita oleh wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Sabtu (1/2/2020).

Molen menuturkan RSUD Depati Hamzah merupakan rumah sakit pertama di Bangka Belitung yang menggunakan oksigen likuid.

 

Ini merupakan inovasi dan komitmen yang dilakukan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk menambah pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Perlu diketahui juga kami tidak menggunakan APBD untuk penggunaan oksigen liquid ini, tapi dari dana pihak ketiga. Kita terbantu dari pihak ketiga, rumah sakit hanya membangun fondasinya untuk gas itu dari Samator (pihak ketiga)," ucap Molen seusai meresmikan oksigen liquid.

 

RSUD Depati Hamzah sudah mulai berbenah dan menciptakan inovasi baru untuk menambah pelayanan kepada masyarakat.

Molen berharap rumah sakit daerah milik pemerintah kota ini menjadi kebanggaan dan memberi kepuasan pelayanan bagi masyarakat.

Direktur RSUD Depati Hamzah dr Fauzan mengatakan sebelum ada oksigen liquid ini, pasien yang membutuhkan fasilitas pelayanan gas medis harus menggunakan tabung gas oksigen yang cukup besar dan memiliki resiko terbanting, jatuh bahkan meledak.

Gas medis berukuran besar itu harus diletakkan disamping pasien sehingga akan memakan ruang.

"Kalau pakai oksigen liquid ini mereka sudah terhubung ke seluruh ruangan dan tidak perlu dorong-dorong tabung lagi seperti biasanya. Tentu akan lebih aman dan efisien," kata dr Fauzan.

Biaya penggunaan oksigen liquid ini lebih murah dibandingkan gas medis sebelumnya. Hanya saja dia tidak menyebut besaran biaya yang dikeluarkan sebab menurutnya, harga gas medis di setiap wilayah berbeda-beda.

Namun untuk oksigen liquid ini lebih hemat 20 persen dari gas medis sebelumnya.



Tambah Fasilitas Ruang PICU NICU

RSUD Depati Hamzah menambah fasilitas pelayanan medis dengan adanya ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit) dan PICU (Pediatric Intensive Care Unit).

Ruangan yang berada di lantai 2 Gedung E rumah sakit ini diperuntukkan bagi pasien bayi dan anak-anak dengan kondisi kritis yang memerlukan perawatan intensif.

Dokter Spesialis Anak, dr Helfiyani, Sp.A, mengatakan NICU diperuntukkan merawat bayi yang baru lahir dengan kondisi kritis, memiliki berat badan kurang dari satu kilogram dan memerlukan alat bantu pernafasan atau ventilator.

Selama ini banyak kasus bayi lahir dengan kondisi tersebut. Namun karena keterbatasan alat sehingga harus dirujuk ke rumah sakit lain.

"Ini sangat penting karena banyak sekali kasus bayi lahir dibawah satu kilogram dengan kondisi kritis. Jadi dengan adanya ruang ini langsung dibawa ke sini untuk diberikan perawatan intensif. Apalagi yang memerlukan bantuan alat pernafasan," ujar Helfiyani.

Sedangkan PICU diperuntukkan bagi anak-anak usia 1-18 tahun yang mengalami kondisi kritis dan memerlukan bantuan pernafasan. Biasanya kondisi berat ini harus segera di bawa ke ruangan PICU untuk diberikan tindakan secepatnya.

dr Helfiyani menuturkan, anak-anak yang dibawa ke ruang PICU yakni mereka dengan kondisi penurunan kesadaran, kejang maupun cedera berat.

Selama dirawat di ruangan intensif ini, pasien akan dipantau dan dievaluasi ketat oleh tim medis hingga kondisinya berangsur membaik.

 

Sumber : Bangka Pos

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Direktur RSUD

Direktur
dr. Muhamad Fauzan

Pengumuman

Lihat Semua pengumuman

AGENDA KEGIATAN

Lihat Semua

Jajak Pendapat

Apakah website ini memberikan informasi tentang RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang ?
iya
Kurang
Lihat Hasil Poling

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 1

  • Today Visitor 99

  • Hits hari ini 149

  • Total pengunjung 14965

  • IP Anda 18.232.125.29